12 Hal yang Harus Anda Ketahui Tentang MIUI 11

12-Hal-yang-Harus-Anda-Ketahui-Tentang-MIUI-11-sirajaqq-rajaqq-yang-viral

Yang Viral – 12 Hal yang Harus Anda Ketahui Tentang MIUI 11 – Tidak terasa Xiaomi akan segera merilis OS Android buatan mereka sendiri yang sudah bercokol di versi 11. MIUI 11 menjadi andalan Xiaomi di tahun ini dan ada cukup banyak optimasi yang dilakukan Xiaomi terhadap ROM official terbarunya ini.

Oleh karena itu, kali ini kita akan membahas apa saja fitur baru yang dibenamkan ke MIUI 11 ini.

1. Ikon Baru

Sejak MIUI 6, ikon yang ada pada MIUI tidak banyak berubah dan tampak hanya dipoles begitu saja. Kabarnya ikon baru ini akan tampak lebih flat dan simpel dari ikon yang sekarang. Bahkan kabarnya akan ada fitur agar pengguna bisa mengubah bentuk dan desain dari ikon sesuai dengan keinginan masing-masing.

2. Animasi Baru

MIUI 11 akan ditanamkan animasi yang lebih mulus dibandingkan dengan MIUI 10. Animasi terbaru ini akan dilengkapi elemen visual yang lebih konsisten sehingga secara desain dan user interface, bakal ada banyak peningkatan di MIUI 11.

3. Ultra Power Saving Mode

ROM Xiaomi terbaru ini akan dilengkapi dengan fitur penghematan daya yang sangat ekstrim bernama Monochrome Ultra Power Saving Mode. Fitur penghemat daya ini jauh lebih ekstrim dari battery saver karena akan mematikan semua aplikasi kecuali telepon dan sms. Bagian yang membuat fitur ini bisa menghemat baterai secara ekstrim karena layar akan diubah menjadi hitam putih seperti ponsel lawas. Xiaomi mengonfirmasi bahwa fitur ini tetap akan memberikan pengecualian pada aplikasi yang dipilih pengguna sehingga pengguna bisa tetap menggunakan aplikasi yang diinginkannya dalam mode ini.


Baca juga: SanDisk Meluncurkan Micro SD Dengan Ukuran 1 TB


4. Optimisasi Status Bar

MIUI akan memanage status bar dengan lebih baik pada smartphone Xiaomi yang menggunakan notch. Pengaturannya akan lebihh rapi lagi sehingga ikon-ikon penting seperti headphone, baterai, sinyal, dan yang lainnya akan terkumpul di satu sisi saja. Ikon jam juga kabarnya akan dipindahkan ke sisi kanan. Opsi untuk menyembunyikan notch juga akan ditambahkan.

5. Manajemen Notifikasi

Selain Optimisasi di bagian status bar, bagian notifikasi juga akan mengalami peningkatan. Pada MIUI terbaru ini, notifikasi akan dikelompokkan per aplikasi dalam bentuk card.

6. Manajemen Screenshot

Fitur screenshot juga akan ditambahkan beberapa opsi otomatis seperti screenshot yang dihapus setelah di share agar tidak memenuhi storage. Dikabarkan juga bahwa fitur screenshot akan memiliki beberapa fitur edit yang baru untuk mengoptimalkan produktifitas pengguna.

7. Dark Mode

Mode Gelap atau Dark Mode akan diterapkan ke seluruh sistem di MIUI 11. Sebenarnya saat ini beberapa perangkat Xiaomi sudah bisa menikmati mode gelap, namun sayang tidak semua bagian sistem yang digelapkan. Pada MIUI 11, dark mode dikabarkan akan ngefek juga ke browser dan aplikasi pihak ke tiga seperti Instagram, dll.


Baca juga: Xiaomi Mi Mix Alpha Rilis Dengan Rasio Layar 180%!


8. Tetap Ada Iklan!

Fitur ini merupakan salah satu hal paling mengganggu pengguna MIUI sejak hadir pada MIUI 10. Konon katanya pada MIUI 11 nanti iklan ini akan berkurang, namun tidak menghilang 100%! Hal ini dikarenakan pendapatan Xiaomi sebagian berasal dari iklan ini. Namun pihak Xiaomi berjanji akan lebih ketat dalam menyeleksi iklan yang akan tayang di MIUI 11.

9. Recycle Bin

Sama seperti di komputer, recycle bin pada MIUl 11 juga berfungsi untuk menampung berbagai macam file atau media yang dihapus. Fitur ini sangat berguna jika terjadi ketidaksengajaan menghapus file atau media, sehingga bisa di-restore dengan muda.

10. Dolby Sound Effect

MIUI 11 akan hadir dengan fitur Dolby Audio yang akan memanjakan telinga para penikmat musik yang menggunakan MIUI.

11. Seri Xiaomi yang Kebagian MIUI 11

Berdasarkan informasi dari MIUI Forums, ada banyak seri yang akan mendapatkan update MIUl 11 nantinya. Ada lebih dari 20 Mi Series, mulai dari Mi 5s dan Mi 5s Plus sampai dengan Mi 8 dan Mi 9 akan kebagian MIUl 11. Untuk Redmi series juga ada sekitar 20 seri mulai dari Redmi S2 sampai Redmi Note 8, dan tentunya Pocophone F1 akan kebagian MIUI 11.

Namun tidak semua smartphone Xiaomi yang mendapatkan update ke MIUl 11. Untuk Mi 5, Mi 4 dan kebawahnya tidak akan mendapatkan update MIUI terbaru lagi. Jadi disarankan bagi Anda yang memiliki smartphone dengan seri yang disebutkan tadi namun ingin mencicipi MIUl 11, segera ganti smartphone anda!

12. Tanggal Rilis MIUI 11

Untuk saat ini masih belum ada tanggal pasti tentang kapan rilisnya MIUl 11. Jika melihat dari sejarah perilisan MIUI, maka MIUl 11 seharusnya mulai dirilis pada pertengahan bulan depan dan masing-masing seri akan mendapatkan tanggal rilis yang berbeda-beda. Seri terbaru seperti Mi 9 dan Redmi Note 8 tentu saja akan mendapatkan update lebih awal. Setelah itu seri-seri yang lebih lama baru mendapatkan update MIUl 11.

Sumber: DroidPoin.com

Follow dan Like sosmed kita dong
error

Tinggalkan Balasan