Dampak VAR Dalam Kemenangan Telak Manchester City

Dampak-VAR-Dalam-Kemenangan-Telak-Manchester-City-sirajaqq-rajaqq

Yang Viral – Dampak VAR Dalam Kemenangan Telak Manchester City – Untuk pertama kalinya Video Assistant Referee (VAR) dipergunakan pada Liga Primer Inggris. Penerapannya pun langsung menjadi sorotan tajam dalam kemenangan Manchester City atas lawannya West Ham United, Sabtu (10/08) ini.

Sang juara bertahan berhasil tampil gemilang dengan menghancurkan The Hammers 5-0 di London Stadium. Kemenangan ini sekaligus mengambil alih tampuk pimpinan klasemen dari Liverpool yang sehari sebelumnya melibas Norwich City 4-1.

Selain pertandingan itu, VAR juga layak mewarnai headline di beberapa media. Setidaknya ada tiga keputusan penting dari wasit Mike Dean yang diambil lewat bantuan VAR.


Baca juga: Ole Gunnar Solskjaer Lebih Memprioritaskan Pemain Inggris


Peran Pertama VAR

Pertama, gol dari Gabriel Jesus menjelang menit ke-60 dianulir oleh wasit akibat Raheem Sterling terjebak off-side. Sterling yang memberikan assist kepada Jesus divonis berada dalam posisi off-side. Meskipun sekilas terlihat sejajar dengan bek West Ham, Ryan Fredericks, namun hasil dari VAR berkata lain.

man-city-westham-gol-dianulir-var-sirajaqq-rajaqq

Peran Kedua VAR

City yang saat itu memimpin dengan dua gol pada akhirnya menambah skor menjadi 3-0 lewat Sterling pada menit ke-75. Lagi-lagi VAR memiliki peran dan kali ini untuk keuntungan The Citizens. Sterling dinyatakan dalam posisi yang sah saat menerima umpan dari Riyad Mahrez walaupun pada awalnya justru kelihatan sedikit off-side.

Peran Ketiga VAR

Insiden penting yang melibatkan VAR untuk ketiga kalinya terjadi pada menit ke-83 di London Stadium. City menerima hadiah penalti setelah Mahrez dilanggar keras di dalam kotak terlarang. Namun, Sergio Aguero selaku algojo gagal melakukan tugasnya dengan baik.


Baca juga: Philippe Coutinho ke Arsenal Jauh Dari Kenyataan


Beruntung bagi The Citizens, penalti Aguero harus diulang lantaran VAaR memperlihatkan Fabianski bergerak maju terlebih dahulu sebelum bola ditendang. VAaR juga memperlihatkan gelandang Declan Rice terlalu cepat memasuki kotak penalti.

Pada percobaan kedua, Aguero tidak ingin kembali menyia-nyiakan kesempatan ini lagi. Ia sukses menunaikan tugasnya dengan baik sebelum akhirnya Sterling melengkapi hat-trick-nya pada injury time untuk memungkas kemenangan City 5-0.

“Ini hari baik untuk VArR, hari baik untuk Liga Primer. Software-nya [VAR] jempolan, luar biasa akurat. Semuanya dinilai secara matematis,” tutur mantan wasit EPL Peter Walton kepada BT Sport.

“Saya rasa pada akhir musim, fans dan media akan menerima bahwa seorang pemain off-side 1 milimeter dengan teknologi yang kami miliki.”

Sumber: Goal Indonesia

Follow dan Like sosmed kita dong

Tinggalkan Balasan