Daniel James Siap Ikuti Jejak Ryan Giggs di Old Trafford

daniel-james-ryan-giggs-swansea-man-utd-sirajaqq-rajaqq

Yang ViralDaniel James Siap Ikuti Jejak Ryan Giggs di Old Trafford – Manchester United punya satu atau dua pemain sayap asal Wales di masa lalu. Dari era Mickey Thomas hingga Ryan Giggs, jalan dari Wales menuju Old Trafford sudah sering digunakan. Kali ini, pemain muda bernama Daniel James siap ikut jejak Ryan Giggs. Pemain berusia 21 tahun tersebut datang dari Swansea City dan siap mengukir sejarah di Old Trafford.

Meskipun dia lahir di kota pasar Beverley, Yorkshire, James lebih memilih untuk membela negara kelahiran ayahnya sejak masih kecil. Dia juga menjadi salah satu wonderkid terbaik Wales dari generasinya bersama Chris Mepham dan Harry Wilson.

Daniel James mulai bermain sepakbola bersama akademi Hull City sebelum Swansea mampu merebutnya dengan biaya kompensasi hanya £72 ribu pada usia remaja 16 tahun. Hull kehilangan James akibat aturan dari FA yang diberlakukan program Elite Player Performance Plan. Program ini memungkinkan para pemain untuk pindah ke klub dengan kategori akademi yang lebih baik dengan biaya tertentu tanpa persetujuan dari klub asal.

Pada 2014 James mengikuti jejak rekan sesama pemain asal Beverly Harry Cardwell, dengan bergabung bersama tim muda Swansea. Hal tersebut tentu membuat Hull terpukul, termasuk sang manajer akademi Tony Pennock.


Baca juga: Cristiano Ronaldo Masih Bisa Bermain 4 Tahun Lagi


Pennock Merasa Kehilangan Setelah James Pergi

“Semua orang punya pilihan dan keputusan sendiri untuk dibuat, dan saya menghormatinya. Saya mengharapkan yang terbaik bagi Dan James,” ujarnya kepada Hull Daily Mail saat itu.

“Kami kecewa kehilangan mereka [Cardwell dan James], tapi saya tidak melihatnya sebagai sebuah perekrutan, saya melihat itu mirip seperti memetik ceri. Ini memalukan karena mereka berdua berada di klub sejak mereka berusia sembilan tahun.”

daniel-james-ikuti-giggs-sirajaqq-rajaqq

Di Swansea, James terus berkembang dengan cepat. Setelah mewakili Wales di level U-16, dia terus bermain untuk U-17, U-19, U-20, dan U-21 sekaligus menembus tim utama The Swans. Meskipun belum pernah bermain di Liga Primer Inggris bagi Swansea, dia sempat berada di bangku cadangan ketika mereka bertemu Oxford United di Piala FA pada 2016. Meski tidak dimainkan saat itu, dia mencatat debutnya di tim senior pada turnamen yang sama dua tahun kemudian, sekaligus mencetak gol terakhir dalam kemenangan 8-1 atas Notts County.

Dia antara dua tahun tersebut, dia juga sempat dipinjamkan ke Shrewsbury Town untuk mendapatkan pengalaman bertanding. Namun, setelah gagal menembus tim utama, kedua pihak memutuskan bahwa James kembali lebih cepat ke Swansea untuk melanjutkan perkembangannya.

Titik Balik Dalam Karir James

Terobosan besarnya terjadi setelah The Jacks degradasi dari Liga Primer pada 2018. Pelatih baru Graham Potter memilih untuk menutupi kepergian beberapa pemain dengan mempromosikan para pemain dari akademi seperti James, Joe Rodon, dan Connor Roberts.

Yang terjadi selanjutnya adalah msuim yang sukses bagi James, menggunakan sorotan di Championship untuk menunjukkan bakatnya yang luar biasa. Kecepatan dan kemauannya untuk berlari di garis pertahanan membuat banyak lawan terpancing. Penampilan percaya diri dengan bola di kakinya sangat menyenangkan untuk ditonton oleh para penggemar Swansea.

daniel-james-wales-2019-sirajaqq-rajaqq


Baca juga: Bukan Rahasia Lagi Kalau Madrid Adalah Impian Hazard


Penampilan apik di level klub membuat Ryan Giggs mempromosikannya ke tim senior Wales, dan legenda United itu terpesona dengan permainan sang pemain muda.

“Dia membawa performa di klubnya ke panggung internasional. Saya senang,” ujar Giggs setelah James mencetak gol melawan Slovakia. “Permainannya secara keseluruhan luar biasa, tapi untuk mengakhirinya dengan sebuah gol adalah hal hebat, dan dia terus mengancam lawan sepanjang hari.

“Dia akan menjadi [pemain hebat] dengan kecepatan itu, tetapi dia masih punya lebih banyak hal. Dia dapat bermain di kedua sisi, dia cerdas dan dia bekerja keras. Dia anak yang hebat dan saya senang dia mendapatkan gol kemenangan karena itulah yang Anda inginkan.”

Dengan catatan lima gol dan sepuluh assist dalam 38 pertandingan musim lalu, James menarik perhatian banyak klub besar. Meski Leeds United sudah menunjukkan ketertarikan, James langsung memilih ke Old Trafford ketika tawaran dari Ole Gunnar Solskjaer dan United datang.

Red Devils mungkin telah membayar £15 juta untuk seorang pemain yang belum berpengalaman tampil di divisi tertinggi. Ia pun hanya satu tahun reguler di tim senior. Akan tetapi jika James bisa memenuhi potensinya dan bisa ikuti jejak Giggs, nilai transfer itu tidak akan ada artinya.

Sumber: Goal Indonesia

Follow dan Like sosmed kita dong

Tinggalkan Balasan