Huawei Akhirnya Resmi Perkenalkan HarmonyOS

Huawei-Akhirnya-Resmi-Perkenalkan-HarmonyOS-yang-viral-sirajaqq-rajaqq

Yang Viral – Huawei Akhirnya Resmi Perkenalkan HarmonyOS – Huawei yang merupakan pabrikan teknologi terbesar di Cina menggelar acara yang diberi nama Huawei Developer Conference (HDC) 2019. Huawei langsung memberi kejutan dengan memperkenalkan sistem operasi terbarunya. Bukan Hongmeng OS seperti yang dirumorkan selama ini, tetapi Huawei memberi nama sistem operasinya itu HarmonyOS.

Tidak seperti sistem operasi pada umumnya, HarmonyOS dirancang untuk bisa diimplementasikan di setiap perangkat. Hal ini bisa dilakukan karena sistem operasi ini dikembangkan dari basis mikro-kernel. Ini adalah upaya Huawei untuk membuat HarmonyOS bisa dipasang di banyak perangkat.

HarmonyOS Dirancang Untuk Semua Perangkat

HarmonyOS tidak hanya akan berfungsi di smartphone saja, tetapi juga bisa berlancar untuk berbagai perangkat lainnya. HarmonyOS bisa dijalankan di smart TV, speaker pintar, earbud nirkabel, smartwatch, PC, kacamata VR, bahkan mobil pintar.


Baca juga: Vivo Hadirkan Smartphone Gaming Z1 Pro ke Indonesia


CEO Huawei, Richard Yu menjelaskan bahwa sistem operasi ini dirancang untuk bisa bekerja pada perangkat dengan RAM berukuran mulai dari kilobyte hingga gigabyte. Bahkan Richard menjanjikan bahwa HarmonyOS akan mendukung berbagai aplikasi Android, Linux, dan HTML5 di masa depan.

Sistem operasai baru ini sudah menggunakan kompiler Huawei ARK dan akan mendukung berbagai bahasa pemrograman seperti Kotlin, Java, Javascript, C, dan C++. Selain itu, HarmonyOS juga akan memiliki Trusted Execution Environment yang diverifikasi untuk menjaga keamanan dan bisa terhubung lebih baik ke beberapa perangkat.

Richard juga menambahkan bahwa Huawei sudah mulai mengerjakan Harmony OS sejak tahun 2017 lalu. Saat ini, HarmonyOS baru saja menginjak versi 1.0 dan versi 2.0 dijadwalkan akan meluncur di tahun depan. Sementara itu, Huawei juga merencanakan Harmony OS versi 3.0 yang akan diluncurkan pada tahun 2021.


Baca juga: Freelace Dari Huawei Dijual di Indonesia Seharga Rp999 Ribu


Kita bisa berharap banyak bahwa PC atau laptop dengan sistem Harmony OS akan mulai bermunculan pada tahun depan. Pada tahun 2022, kita juga berharap bahwa headset VR akan dibekali dengan Harmony OS. Dengan begitu, pecinta gadget tidak melulu dicekoki dengan sistem operasi Android.

Lalu seperti apa interface Harmony OS? Richard mengatakan bahwa sistem operasi baru ini akan muncul di perangkat TV milik Honor terlebih dahulu. Kita belum bisa melihat sistem operasi baru ini berjalan di perangkat mobile. Hal ini dikarenakan Huawei masih terus mengembangkan perangkat mobilenya dengan sistem operasi Android.

Sumber: DroidLime.com

Follow dan Like sosmed kita dong

Tinggalkan Balasan