Jangan Ragu Bila Ingin Investasi di Startup, Intip Keuntungannya

Jangan-Ragu-Bila-Ingin-Investasi-di-Startup-Intip-Keuntungannya

Liputan6.com, Jakarta – Jangan Ragu Bila Ingin Investasi di Startup, Intip Keuntungannya – Jangan Ragu Bila Investasi – Di era teknologi canggih seperti sekarang ini, hidup terasa begitu mudah karena banyak hal bisa dilakukan dengan praktis dan ekonomis. Perkembangan pesat ini juga berdampak langsung pada perkembangan perusahaan.

Seolah mengimbangi gaya hidup era sekarang, kini sudah banyak perusahaan berbasis teknologi atau startup yang menjamur dan berkembang. Dalam beberapa tahun terakhir, sudah banyak perusahaan startup bermunculan.

Perkembangan startup memunculkan gelombang investasi besar-besaran di berbagai perusahaan teknologi rintisan ini.

Tapi Anda mungkin masih mempertanyakan, mengapa mereka mau menginvestasikan uangnya pada startup?.

Apa keuntungannya? Dan bagaimana sistemnya? Apakah investor ini cuma ikut-ikutan dan coba-coba mencari keuntungan melalui investasi startup?

Beberapa pertanyaan itu dapat terjawab bila mempelajari apa itu investasi pada startup dan keuntungannya. Agar tak penasaran lagi, simak ulasan investasi di perusahaan startup berikut ini seperti dikutip dari Cermati.com.

Baca juga : BUMN Buyback Saham Rp 8 T, Pasar Modal Bisa Bergairah?

1. Kenali dengan Baik Investasi di Perusahaan Startup

Investasi pada startup sebenarnya hampir sama dengan investasi pada perusahaan lain. Investasi pada startup adalah salah satu jenis investasi yang masuk ke dalam jenis investasi risiko cukup tinggi tapi untung tinggi.

Jenis investasi ini menandakan bahwa keuntungan dari investasi startup butuh waktu lama sampai orang benar-benar mendapatkan keuntungan.

Jadi, investasi yang biasa terjadi ada pada startup biasanya dilakukan melalui skema investasi penyertaan modal dan dibarengi dengan kepemilikan saham pada perusahaan tersebut.

Dengan metode investasi seperti di atas, maka investor biasanya akan mendapat keuntungan melalui skema capital gain atau bertambahnya nilai dari sebuah startup setiap hari.

Mugkin tidak asing dengan istilah Unicorn dan Decacorn, yang artinya nilai dari sebuah perusahaan startup tersebut.

Baca juga : Dirut BEI Tegaskan Trading Halt Bukan Protokol Krisis, Investor Jangan Panik

Investor akan mendapatkan keuntungan besar bila nilai perusahaan meningkat, kinerjanya positif, dalam bentuk laba dividen (bagi hasil).

2. Apa Saja Keuntungan Berinvestasi di ‘Startup’?

Karena keuntungan berinvestasi di startup berasal dari dividen, tentu keuntungan yang diraih investor bisa beragam. Besar dividen yang diterima tergantung dari jumlah saham yang dimiliki investor tersebut pada perusahaan.

Keuntungan investasi bisa pula didapat apabila saham perusahaan tersebut dijual. Jika nilai startup itu meningkat, maka harga jual akan melonjak dibanding pada waktu membeli saham pertama kali.

Hal ini meski harus jeli dalam melirik startup yang tepat, merupakan hal yang bagus dilakukan dalam dunia investasi. Keuntungan tersebut adalah sedikit dari berbagai keuntungan yang dihadirkan dari investasi di startup.

Maka dari itu wajar saja jika investor saat ini banting setir ke industri digital atau lebih berani lagi menyuntikkan dananya pada perusahaan startup. Bila berkaca dari banyaknya investor luar negeri yang menanamkan modalnya di perusahaan startup Indonesia, jelas memberi keuntungan tersendiri.

3.  Ketahui Kalau Jadi Investor di Perusahaan Startup Kadang Sulit?

Setelah melihat keuntungan di atas, mungkin pertanyaan selanjutnya di benak Anda mengapa masyarakat belum berinvestasi di startup. Kondisi ini sering terjadi di masyarakat bahkan kelas menengah ke atas.

Padahal jika ingin berinvestasi di perusahaan startup, keuntungan yang didapat jelas bukan sedikit. Biasanya hal itu dipengaruhi banyak faktor, seperti ketakutan untuk investasi dan kurangnya informasi dari perusahaan kepada calon investor di Indonesia.

Hal ini sering terjadi apalagi kurangnya informasi dari perusahaan bahwa masyarakat lokal sebenarnya ingin tahu dan ingin mencoba berinvestasi di perusahaan startup.

Baca juga : Ingat! Saham Anjlok 7% Langsung Disetop BEI Mulai Hari Ini.

Dari kurangnya informasi di atas jelas baik masyarakat atau perusahaan bisa saja rugi karena keuntungan berinvestasi menjadi hilang begitu saja.

Oleh karena itu dibutuhkan informasi yang jelas dan juga komunikasi antara investor dan startup untuk bisa menjalin kerjasama dalam kegiatan investasi.

Selain informasi yang memadai, adanya pengetahuan dan modal untuk berinvestasi juga penting dimiliki.

Untuk menyediakan dana bagi investasi di startup,  harus mengumpulkan uang, baik pribadi atau berkelompok agar bisa memenuhi kualifikasi investasi di startup. Jika semua hal tersebut terpenuhi maka berinvestasi pada startup bukan lagi hal yang sulit.

Gimana, Tertarik Investasi di Startup?

Investasi di perusahaan startup memang memiliki banyak keuntungan bagi setiap investor. Namun sayangnya masih banyak orang yang belum tahu bagaimana berinvestasi dengan baik dan benar pada usaha yang berbasis teknologi itu. Maka, pelajari mengenai investasi startup ini raup keuntungannya.

Sumber : Liputan6

Follow dan Like sosmed kita dong

Tinggalkan Balasan