Jika Saja Cristiano Ronaldo Dulu Gabung Malaga, Bukan MU

Jakarta-Di dunia sepakbola, siapa yang tak kenal Cristiano Ronaldo? Nah, tahu nggak kalau dulu ia nyaris sekali ke Malaga. Kejadiannya tepat sebelum Ronaldo gabung Manchester United.

Ronaldo sudah memperlihatkan talenta semasa di akademi Sporting CP, yang kemudian juga menjadi klub tempatnya melakoni debut profesional, sehingga bikin Malaga kepincut untuk merekrutnya.

Carlos Rincon, mantan figur yang mengurusi perekrutan pemain di Malaga, mengisahkan bahwa saat itu klub Spanyol tersebut sempat sudah sangat dekat mendapatkan Ronaldo remaja.

“Pada saat itu kami mengajukan tawaran 1,5 juta euro dan harga pemain tersebut ada di kisaran 3,5 juta euro,” katanya kepada El Desmarque yang dikutip IBTimes.com.

“Kami tak bisa lanjut karena tak sanggup mencapai jumlah tersebut. Pada akhirnya, pemain-pemain bagus memang tidak berharga murah, tapi kami tidak mampu memenuhi harganya,” tutur Rincon.

Dikisahkan, Rincon dan tim pemantau bakat Malaga mulai jatuh hati kepada Ronaldo saat perhelatan Piala Eropa U-17 2002 di Denmark. Saat itu Rincon langsung yakin dengan potensi Ronaldo.

“Sedari remaja, Cristiano sudah seperti dirinya sekarang. Seorang pemain dengan kekuatan fisik yang besar, tembakan spektakuler, sarat intuisi mengenai pemahaman akan permainan, dengan kualitas teknik giringan dan olah bola, dan motivasi besar,” ucapnya.

“Segera setelah turnamen selesai, saya sudah mengantongi nomor kontak tiga pemain terbaik. Saya kemudian memantau mereka di televisi, saya tidak datang (langsung ke pertandingan). Pekan berikutnya kami menjalin komunikasi dengan para pemain dan keluarga mereka untuk bisa berjumpa agen mereka, dan menjajaki kemungkinan untuk mengajukan tawaran.”

“Termasuk di dalam situasi itu adalah Ronaldo. Saat itu ia belum debut dalam tim utama Sporting di Lisbon, dan kami mengajukan tawaran lewat Jorge Mendes (agen Ronaldo),” tutur Rincon.

Negosiasi awalnya berjalan mulus, sampai kemudian terantuk dalam urusan nilai transfer. Saat itulah Manchester United datang melalui tawaran Sir Alex Ferguson untuk menggaet Ronaldo remaja.

“Kami bergerak sangat cepat. Satu-dua bulan berlalu dan dengan cepat ia sudah debut di tim utama dan Manchester United tiba dengan cepatnya. Jorge memiliki banyak relasi level elite, pada saat itu kami tidak sanggup bersaing,” ujar Rincon.

“Ferguson, ‘ayah’-nya (Ronaldo di dunia) olahraga, kepincut usai sebuah friendly dan mendepositokan 18 juta euro sekian bulan usai minat dari Malaga. Saat itu, opsi tersebut adalah yang paling tepat buatnya. Cristiano adalah salah satu yang terbaik dalam sejarah,” tuturnya.

Seperti diketahui, Ronaldo resmi bergabung ke Manchester United di musim panas 2003-04. Dengan cepat pesepakbola asal Portugal itu menjadi pemain pilar The Red Devils, yang dibantunya meraih sejumlah gelar termasuk tiga titel Premier League dan trofi Liga Champions. Sisanya adalah sejarah.

Namun, bagaimana ya kalau dulu Malaga punya 2 juta euro (sekitar Rp 29 miliar) lebih banyak sehingga Ronaldo saat itu berlabuh ke sana, bukannya MU?

Follow dan Like sosmed kita dong

Tinggalkan Balasan