PB Djarum Hentikan Audisi Umum Bulutangkis Mulai 2020

PB-Djarum-Hentikan-Audisi-Umum-Bulutangkis-Mulai-2020-sirajaqq-rajaqq

Yang Viral – PB Djarum Hentikan Audisi Umum Bulutangkis Mulai 2020 – Audisi Umum pencarian bakat muda pebulutangkis yang digelar PB Djarum Kudus akan menjadi yang terakhir tahun ini. Pasalnya, pihak PB Djarum akan hentikan Audisi Umum ini pada tahun 2020.

PB Djarum melalui Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation, Yoppi Rasimin, mengumumkan rencana penghentian audisi umum di Hotel Aston, Purwokerto, Sabtu (07/09/2019). Alasan pemberhentian ini adalah untuk mereduksi polemik yang kian mencuat. Seperti yang kita tahu, sebelumnya PB Djarum dituduh telak melakukan eksploitasi anak oleh Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI).

PB Djarum ditunding mengeksploitasi anak lewat audisi bulu tangkis demi mempromosikan merk dagang mereka. Maklum saja, PB Djarum merupakan foundation dari grup yang merupakan salah satu produsen rokok ternama di Indonesia.


Baca juga: Franda Marah-marah di Instagram Karena Nama Anaknya Dijiplak


Pernyataan Yoppy Saat Mengumumkan Pemberhentian Audisi

“Sesuai dengan permintaan pihak terkait, pada audisi kali ini, kami menurunkan semua brand PB Djarum. Karena dari pihak PB Djarum sadar untuk mereduksi polemik itu kami menurunkannya.” Jelas Yoppi di situs resmi PB Djarum.

“Kedua, kaos yang dibagikan kepada anak-anak tidak akan kami bagikan lagi seperti sebelumnya, dan mereka akan memakai kaos asal klubnya masing-masing, dan itu sudah lebih dari cukup. Kami sudah memutuskannya, tidak ada deal-dealan lagi, diterima atau tidak, kami sudah memutuskan seperti itu.”

“Kemudian pada audisi kali ini juga, saya sampaikan sebagai ajang untuk pamit sementara waktu, karena di tahun 2020 kami memutuskan untuk menghentikan audisi umum. Memang ini disayangkan banyak pihak, tetapi demi kebaikan bersama kami hentikan dulu, biar reda dulu, dan masing-masing pihak agar bisa berpikir dengan baik,” ungkap Yoppy.

Yoppi juga menambahkan, PB Djarum bukan penghasil produk rokok, melainkan atlet-atlet bulutangkis.

“Kami sudah menjelaskan dan banyak bukti kalau PB Djarum itu bukan produk tembakau. Tahun lalu pun kami mendapat penghargaan sebagai Institusi Olahraga of the Year dari Menpora. Itu bukti nyata kami bukan produk roko,” Yoppy menegaskan.


Baca juga: Pemeran Video Seks ‘Vina Garut’ Meninggal Dunia


Pendapat Menpora Perihal Pemberhentian Audisi Umum

Menpora Imam Nahrawi menyayangkan rencana PB Djarum Kudus menghentikan audisi umum pencarian bakat bulutangkis pada tahun 2020. Menurutnya tidak ada yang salah dengan audisi tersebut.

“Kenapa berhenti? Lanjutkan terus, jalan terus. Karena tidak ada yang salah kok,” ujar Imam, Minggu (08/09/2019).

Menteri asal Bangkalan itu juga mempertegaskan bahwa dalam kajian hukum kementeriannya tidak ditemukan adanya unsur eksploitasi tersebut. Oleh karena itu, harusnya tidak ada masalah jika audisi terus dilanjutkan.

“Kajian Biro Hukum Kemenpora tidak ada itu istilah eksploitasi anak dalam audisi Djarum,” ujar dia.

Audisi dari PB Djarum ini sendiri sudah digelar sejak tahun 2006. Banyak pebulutangkis hebat yang dihasilkan dari ajang tersebut, diantaranya Tontowi Ahmad dan Kevin Sanjaya Sukamuljo. Mereka sudah terbukti sukses mempersembahkan puluhan gelar juara di turnamen-turnamen internasional.

Sumber: Detik.com

Follow dan Like sosmed kita dong
error

Tinggalkan Balasan