Pencipta Kartun ‘Spongebob Squarepants’ Meninggal Dunia

pencipta-spongebob-squarepants-meninggal-dunia

YangViral.id – Salah satu serial kartun yang populer di Indonesia adalah Spongebob SquarePants yang merupakan produksi Nickelodeon. Sayangnya, baru saja ada kabar duka dari pencipta Spongebob SquarePants, yaitu Stephen Hillenburg. Hillenburg meninggal pada hari Senin (waktu AS) pada usia 57 tahun.

Pihak Nickelodeon mengumumkan kabar duka meninggalnya Stephen Hillenburg lewat akun Twitter mereka. “Kami sedih membagikan kabar tentang kepergian Stephen Hillenburg, pencipta SpongeBob SquarePants. Har ini, kami mengenang dalam diam untuk menghormati hidup dan karyanya,” tulis pihak Nickelodeon.

Dilansir dari Viarety, Hillenburg meninggal karena Amyutrophic lateral Sclerosis (ALS) yang disebut juga dengan Lou Gehrig. Penyakit ini menyebabkan sistem saraf di dalam otak dan sumsum tulang mati secara perlahan. Hillenburg diketahui sudah mengidap penyakit ALS sejak Maret 2017 lalu.

Pernyataan Dari Nickelodeon

YangViral.id – Nickelodeon juga secara resmi memberikan pernyataan dan duka yang mendalam untuk Stephen Hillenburg. Mereka juga tidak lupa menyinggung soal Spongebob SquarePants yang melegenda.

“Dia (Hillenburg) adalah teman kami tercinta dan partner lama buat semua orang di Nickelodeon, dan hati kami bersama dengan seluruh keluarganya. Steve membuat SpongeBob SquarePants dengan rasa humor dan kepolosan unik yang membawa kebahagian bagi anak-anak dan keluarga di manapun. Karakter yang dibuatnya benar-benar asli dan dunia Bikini Botton akan dikenang sebagai nilai optimisme, persahabatan, dan kekuatan imajinasi tanpa batas dalam waktu lama,” kata Nickelodeon.

salah-satu-scene-yang-sering-muncul-bikini-bottom

Tentang Stephen Hillenburg

YangViral.id – Stephen Hillenburg atau biasa disapa Steve merupakan kelahiran Fort Sill, Lawton, Oklahoma, AS pada 21 Agustus 1961. Mendiang adalah lulusan Perencanaan Sumber Daya Alam dan Interpretasi dengan konsentrasi sumber daya laut dari Humboldt State University pada tahun 1984. Ia lalu mengajar biologi kelautan di Orange County Marine Institute, Dana Point, California. Kecintaannya terhadap lautan dan makhluk hidup di dalamnya serta bakatnya di bidang seni menginspirasinya untuk menulis dan membuat ilustrasi sebagai media mengajar. Karakter yang dibuatnya sebagai alat mengajar ini nantinya akan jadi Bikini Bottom yang kini dikenal sebagai tempat tinggal bagi karakter di serial Spongebob SquarePants.

Hillenburg lalu belajar tentang animasi di tahun 1987 di Experimental Animation at the California Institute of Arts in Valencia dan dapat gelar Master of Fine Arts di 1992. Di tahun yang sama ia menang Best Animated Concept di Ottawa International Animation Festival lewat film pendek WORMHOLES. Dari 1993 sampai 1996, ia bekerja sebagai sutradara dan penulis untuk serial TV di Nickelodeon, Rocko’s Modern Life.

spongebob-dan-teman-temannya

Stephen Hillenburg dan Spongebob Squarepants

YangViral.id – Dari sinilah Steve memutuskan untuk menulis, memproduksi dan menyutradarai serial animasi yang kini populer dengan judul SpongeBob SquarePants. Episode perdana tayang 1 Mei 1999 di Nickelodeon. Sampai sekarang SpongeBob sudah punay 250 episode dan telah memenangkan banyak penghargaan. SpongeBob juga tayang dan dialihbahasakan dalam 60 bahasa. SpongeBob juga punya 2 film layar lebar yang ditulis oleh mendiang.

Selamat jalan, Stephen Hillenburg. Terima kasih atas karya-karya hebatmu. Rest in peace!

sumber: KapanLagi.com

Follow dan Like sosmed kita dong

Tinggalkan Balasan